Jumat, 19 Desember 2008

RENUNGAN

Semangat itu hendaknya ada disetiap desah nafas kita untuk menuju bangsa yang maju, utuh dan bersatu.

Masih terekam tajam dalam benak kita perayaan nasional yang selalu diadakan mulai dari kota-kota besar ditanah air ini hingga sudut-sudut kampung . Mereka bersukaria , bersenang senang untuk menggugah memori bahwa bangsa ini telah menikmati udara merdeka.

Enam puluh tiga tahun bukan waktu yang sebentar bagi bangsa kita untuk menjadi bangsa yang maju. Banyak hal yang harusnya kita lakukan untuk bangsa ini dalam mengisi kemerdekaan . Kemerdekaan yang yang diperoleh ini bukan secara gratisan diterima bangsa ini. Banyak hal yang menjadi korban harta benda, nyawa dan tentunya harga diri bangsa ini yang tentunya menginjak-injak bangsa dengan semena-mena.

Setelah sekian puluh tahun itu, harusnya kita nyadar benar, apa sich yang harus kita lakukan? Bagi kita pengorbanan para pejuang kemerdekaan ini jangan sampai sia-sia.

Kita mesti bangga akan semangat mereka dalam merebut bangsa ini dari tangan penjajah.

Namun kebanggaan itu jangan sampai pernah jadi bahan pembicaraan . Hendaknya kita realisasikan rasa bangga itu untuk para pejuang itu dengan mengisi kemerdekaan. Dengan mengisi kemerdekaan mengandung makna bahwa kita telah bisa berbuat untuk Negara ini sesuai dengan yang menjadi harapan para pejuang. Kita yakin benar bahwa perjuangan mereka dipersembahkan untuk kita semua. Kitapun sebaliknya harus yakin mereka akan sangat bangga dengan amaliah perbuatan kita untuk Indonesia ini merupakan kado terindah untuk para pahlawan kita.

Jangan pernah berfikir kita untuk tidak berbuat apa-apa. Dengan belajar penuh kesungguhan untuk bekal hidup kemudian merupakan bagian dari upaya kita mengisi kemerdekaan. Ringkasnya kita harus bisa membuat rasa bangga bagi semua orang yang ada disekitar kita. Kita lakuakan hal-hal positif yang bisa menunjukkan inilah jati diri generasi bangsa yang selalu siap pakai . Kita bisa jadi apa saja karena kemauan diri kita. Maka jangan kendorkan semangat kita untuk membuat semua orang bangga akan kita.

Semua hikmah dari apa yang kita lakukan pada saat pengibaran sang merah putih dilapangan Udanawu kemarin merupakan dorongan bagi kita untuk semangat dalam mengisi kemerdekaan dan kebulatan tekat untuk menjaga persatuan ditengah rawannya pertikaian yang sering menyelimuti hati hanya karena mengedepankan gengsi yang hanya dapat menurunkan harga diri. Selamat Ulang tahun Republik Indonesia yang ke 63. Ags. ’08 HaEnEs MWMCrew.

1 komentar:

argokelod mengatakan...

salam porsigal buat mas fafiknya....dari aku argo kediri

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template